Blog

tips-memilih-sekolah-terbaik-untuk-anak

TIPS MEMILIH SEKOLAH TERBAIK UNTUK ANAK

By Hanny Suhaeni
Posted 31/07/17, 12:00 AM

Pendidikan merupakan aspek penting dalam proses tumbuh kembang anak. Selain pendidikan keluarga yang menjadi fondasi utama, pendidikan formal merupakan tempat kedua bagi anak dalam memproleh dasar bagi masa depannya kelak. Pendidikan usia dini menjadi semacam gerbang pertama yang dilewati anak dalam mengenyam pendidikan. Pada fase ini, anak menyerap banyak sekali informasi sekecil apapun, sehingga memberikannya lingkungan pergaulan yang baik, termasuk di dalamnya sekolah yang baik, menjadi semacam keharusan bagi para orang tua.

 

Berdasarkan pengalaman berinteraksi dengan anak-anak usia dini, Kami mencoba memberi sedikit tips bagi para orang tua dalam memilih sekolah pre school/ PAUD maupun Taman Kanak-Kanak ( TK ) untuk anak-anaknya :

  • Cari informasi dari berbagai sumber yang bisa menjadi referensi untuk anda. Bisa dari keluarga, teman, saudara yang sebelumnya sudah menyekolahkan anaknya.
  • Kunjungi sekolah tersebut untuk melihat aspek sarana dan prasarana sekolah.
  • Usahakan jarak sekolah dan rumah atau kantor tempat anda bekerja jaraknya tidak terlampau jauh. Hal ini agar anak tidak terlanjur lelah sebelum memulai aktifitas belajarnya. Selain itu tentu jarak yang dekat memudahkan anda untuk antar-jemput.
  • Tanyakan dengan seksama mengenai program pembelajaran di sekolah tersebut. Sekarang ini mulai banyak bermunculan sekolah-sekolah dengan berbagai konsep pengajaran yang menarik untuk mengembangkan kecerdasan majemuk ( multiple intellegence )
  •  Libatkan anak untuk menentukan pilihan. Bagaimanapun juga yang akan bersekolah adalah anak anda, sehingga dia perlu merasa nyaman dengan sekolahnya.
  • Berdiskusi dengan tenaga-tenaga pengajar di sekolah tersebut untuk mengetahui latar belakang pendidikannya, juga kemampuannya berinteraksi dengan anak.
  •  Lihat rasio jumlah guru dan murid. Secara kasat mata bisa terlihat, jumlah murid yang terlalu banyak membuat guru kurang memperhatikan setiap anak.

Yang tak kalah penting dibutuhkan kerjasama yang baik antara guru di sekolah dengan orang tua dirumah dan juga dengan pengasuhnya. Tujuannya agar apa yang sudah diajarkan di sekolah bisa tetap dilanjutkan dirumah, sehingga anak bisa memiliki intelektual, emosional, spiritual, jasmani dan sosial yang bagus. Demikian tips dari Kami, semoga bermanfaat. :)